Minggu, 17 Desember 2017

Nugget Pisang


Pisang adalah salah satu jenis buah yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena pisang dapat dikonsumsi oleh segala usia, mengandung banyak gizi, dan yang penting harganya juga terjangkau serta mudah dibudidayakan.


Pisang ambon adalah salah satu dari jenis-jenis pisang yang tumbuh di Indonesia.  Dan pisang ambon itu sendiri memiliki beberapa varian, diantaranya pisang ambon lumut, pisang ambon kuning dan pisang ambon putih.

Ada beragam manfaat pisang ambon ini diantaranya sebagai sumber energi bagi tubuh, menyehatkan usus, mencegah resiko diabetes, membantu diet menurunkan berat badan, mengandung asam folat, dan mengatasi anemia.

Beberapa waktu yang lalu, saya dapat kiriman beberapa sisir pisang ambon putih dari sahabat. Pisang ini memiliki daging yang tebal, berwarna putih. Kulitnya kehijau-hijauan sampai kuning. Rasanya sedikit asam namun aromanya harum. Di daerah tempat tinggal saya tidak banyak yang menanam pisang ambon jenis ini. Biasanya yang banyak ditemui dan mudah didapatkan itu hanya jenis pisang ambon lumut.



Di rumah kami hanya saya dan si bungsu yang suka makan pisang langsung tanpa diolah. Jadi biasanya untuk menyiasati supaya si sulung dan ayahnya ikut menikmati buah ini, maka saya akan membuatkan cemilan berbahan pisang yang pengerjaannya praktis.

Pengolahan pisang yang saya lakukan itu  tergantung jenisnya . Kalau pisang kepok dan pisang raja biasanya digoreng atau dibuat kolak. Sedangkan untuk jenis pisang yang lain seringkali saya olah saat sudah terlalu matang yang ditandai munculnya bintik-bintik hitam di kulitnya. Itu pas sekali untuk dibuat godok pisang  atau pun banana cake.

Namun kali ini saya ingin membuat sesuatu yang berbeda, nugget pisang. Makanan yang beberapa bulan yang lalu jadi trend di grup-grup masak di dunia maya. Bahkan konon Kaesang putranya Pak Jokowi juga membuka gerai kuliner yang menjual cemilan kekinian ini.

Berbekal resep sederhana dari cookpad dengan modifikasi sedikit  sesuai bahan yang ada di rumah, saya coba membuatnya.
Alhamdulillah meskipun memakan waktu agak lama, namun ternyata tidak sulit. Dan yang paling penting anak-anak suka.

Sesudah digoreng, tapi belum diberi topping

Berikut saya share resepnya.

Resep Nugget Pisang ala Widynaura
Recook by Marhamah

Bahan-bahan :
10 buah pisang
100 gram keju cheddar parut (saya skip)
5 sdm susu kental manis (saya skip)
5 sdm susu bubuk
150 gram gula pasir
100 gram tepung terigu
1 butir telur

Bahan pelapis :
1 butir telur (saya ganti dengan campuran terigu dan air matang secukupnya)
250 gram tepung panir/tepung roti

Topping :
Coklat leleh, meises, keju dan lainnya sesuai selera

Cara membuat :
1. Kupas pisang, lalu haluskan dengan garpu.
2. Tambahkan susu bubuk dan gula pasir, aduk rata.
3. Campurkan keju, telur, SKM dan terigu, aduk rata.
4. Tata dalam loyang anti lengket (Loyang saya oles tipis dengan minyak goreng).
5. Kukus selama lebih kurang 15 menit atau sampai matang.
6. Setelah dingin, potong-potong adonan berbentuk persegi atau sesuai selera.
7. Lumuri adonan dengan telur, lalu balur dengan tepung panir. Karena saya tidak menggunakan telur, maka bahan pencelupnya saya gunakan terigu yang sudah dicampur dengan air secukupnya, baru kemudian digulingkan ke tepung panir.
8. Goreng adonan dengan api kecil hingga kecoklatan.
9. Beri topping sesuai selera.

Tidak sulit kan? Sayangnya saya lupa mendokumentasikan step by stepnya.
Oya, nugget yang sudah dilapis dan belum digoreng juga bisa disimpan di freezer. Jadi bisa untuk stok cemilan juga. Tinggal digoreng dan diberi topping. Gimana, tertarik mencoba?

2 komentar:

  1. Ya Allah nggak nyangka sekarang pisang bisa dijadiin nugget ya. Apalagi pas baca topingnya pke coklat n keju. Makin mupengggg busuui 😂

    BalasHapus
  2. Waduh nggak usah bikinnya ini..mau coba ah nanti..selalu senang pisang di rumah. Terima kasih resepnya Mbak:)

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates